Rabu, 23 Januari 2013

JAKARTA BANJIRR... JANGAN NYALAHIN SIAPA-SIAPA!! TAPI INTROSPEKSI DIRI KITA AJA

JAKARTA BANJIRRR... JANGAN NYALAHIN SIAPA-SIAPA!!


TAPI INTROSPEKSI DIRI KITA AJA


Sobat bloggers, tentu kita semua prihatin atas bencana banjir yang menimpa Jakarta di pertengahan Januari 2013 kemaren ya... Hampir semua aktivitas kota lumpuh alias mati. Belum lagi jatuhnya beberapa korban jiwa. Kata beberapa pengamat banjir itu lebih besar dari banjir Jakarta 2007.


Di media di sebut kerugian materil dari banjir itu sampe 2 Triliyun. Wooowww.... Luar Biasa.... angka yang fantastis untuk kerugian yang ditimbulkan dari sebuah bencana banjir. Curah hujan yang tinggi di Jabodetabek dan air kiriman dari Bogor disebut-sebut sebagai faktor utamanya. Kenapa ya koq bisa banjir hebat kaya gini? Kalo kaya gini siapa yang salah? Apa kita mau nyalahin om Jokowi dan om Ahok..?? ah... jangan lah main salah-salahan. Kan kata orang bijak janganlah kita saling salah-menyalahkan tetapi harus introspeksi diri kita masing-masing. Betul ngga sobat bloggers???!!!. Kalo saya sih SETUJUUU...


Ya udah sobat bloggers... saya akan coba introspeksi diri saya sendiri dan untuk kita semua. Mudah-mudahan introspeksi ini ada manfaatnya.


Istilah dari SD yang sering kita denger dan paling populer yang di ajarin sama bu Gulu (Bu Guru maksudnya, maklum...waktu SD gw masih cadel... dan sampe sekarang, he..) yaitu “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”. Saya yakin kita semua masih inget kalimat sederhana ini, tapi kayanya prakteknya tidak sesederhana kalimatnya. Betul ngga sobat bloggers?


Entah karena sarana tempat sampahnya yang ngga ada atau emang kita yang males untuk ngebuang sampah di tempat sampah, tapi itulah kebiasaan kita. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Kita ngga usah ngomongin masyarakat yang tinggal di bantaran sungai trus buang sampah ke kali, itu mah semua orang juga udah pada tau. Tapi coba kita liat kalo orang-orang yang naik mobil waktu masuk pintu tol. Pas mereka terima karcis tol kebanyakan dari mereka udah langsung ngebuang tuh karcis di jalan tol sebelum kaca jendela ditutup.


Hal kaya gini kan artinya semua lapisan masyarakat dari yang bawah sampai yang kelas atas punya prilaku “ringan tangan” yang sama. Dengan ringannya kita buang sampah di mana aja sesuka kita. Kalo dengan adanya banjir dahsyat kaya gini tapi saya dan kita semua belum ngerubah sifat “ringan tangan” kita, wah....bener-bener Ter..... La..... Lu..... !!!!


Yang kedua menurut saya yang harus di introspeksi adalah kepekaan sosial kita kepada lingkungan. Kita tahu pemerintah udah bikin banjir kanal. Yang namanya banjir kanal itu saluran air raksasa atau saluran air yang gede buangget... Nah air limbah dari rumah kita masing-masing kan ngga langsung terjun ke banjir kanal, air limbah itu harus ngelewatin saluran-saluran air yang kecil (got, selokan), abis itu masuk ke saluran air yang ukuran sedang (sungai atau kali), nah abis itu baru deh tuh limbah masuk banjir kanal yang udah di bikin pemerintah dengan biaya ampe Trilyunan yang nol nya bejibun.


Kadang kita sebagai anggota masyarkat tidak memiliki kepekaan dan inisiatif kalo melihat selokan-selokan di sekitar rumah dan lingkungan kita mampet dan ngga ngalir. Hal kaya gini kan udah tanda-tanda tuh kalo ujan pasti banjir. Jangankan ujan, kadang gerimis dikit aja udah meluap ke jalanan. Iya kan!!! Nah maka nya kita harus nge-benerin tuh sifat kita tentang  kepekaan dan kebersihan lingkungan. Setuju semua ya..!!


Minimal dua aja dulu deh yang saya dan kita semua harus introspeksi. Kalo sobat bloggers bisa introspeksi lebih dari dua, lebih bagus, jadinya kemungkinan Jakarta banjir di tahun-tahun berikutnya bisa diminimalisir.


Tapi boleh dong kalo saya udah introspeksi diri saya trus saya agak mengkritik pemerintah. Ini bukan mau nyalahin om Joko dan om Ahok lho!!! Kasihan mereka baru menjabat 100 hari trus dikasih warisan banjir kaya gini. Kalo saya pribadi sih nge-dukung program-program mereka yang udah di sampein ke masyarakat untuk ngatasin banjir.


Kritikan pertama buat pemerintah DKI khusunya. Pemda DKI tuh ngga mau ngedengerin nasehat orang pinter. Orang pinter disini yang saya maksud adalah ahli tata kota dan ahli-ahli terkait. Saya sih ngga tau apa-apa tapi saya cuma suka merhatiin kalo ahli tata kota dan ahli-ahli terkait lagi ngomong.


Beberapa waktu lalu waktu ada kejadian amblesnya jembatan akses ke pelabuan tanjung priuk siapa yang mau disalahin? Semuanya kebakaran jenggot. Semua media langsung memburu dan mewawancarai para ahli terkait. Hal ini pada waktu itu sempet booming cukup lama, tapi lama kelamaan semua terlupakan lagi dan pasti baru booming lagi kalo ada kasus lagi.


Kata para ahli, pemerintah udah di nasehatin dari dulu tapi ngga mau denger. Jangankan jembatan, koja aja menurut para ahli bakalan tenggelem di tahun 2050, karena memang dibeberapa wilayah di Jakarta terjadi penurunan tanah atau daratan yang cukup drastis kaya di daerah kelapa gading, muara baru, pluit, koja, dan daerah sekitarnya deh. Jadi kalo di liat-liat banyak wilayah di Jakarta yang posisinya udah berada di bawah permukaan air laut bahkan banyak yang sampai satu meter lebih di bawah permukaan air laut. Nah kalo usulan penyelesaian masalah para ahli cuma dianggap angin lalu, wah... siap-siap aja bisa-bisa Jakarta yang akan menjadi masa lalu.


Nah kalo untuk masalah banjir gimana? Jakarta udah kebanyakan mall. Banyak para ahli yang mengkritisi kebijakan pemerintah yang dengan gampang ngasih ijin ke pusat perbelanjaan dan mall-mall untuk berdiri. Padahal banyak lahan tempat berdirinya pusat perbelanjaan dan mall-mall itu adalah tempat untuk serapan air dan ruang terbuka hijau. Kalo tanah udah di beton semua air mau ngalir kemana? Ya pasti larinya ke jalan-jalan lah!! Nah lho...  siapa yang salah tuh? Ngga mau nuduh ah... ntar dosa lagi..!!


Tapi untungnya om Joko udah bilang untuk masa jabatannya dia, ngga ada lagi mall yang boleh berdiri lagi. Horeee...!!!!


Belom lagi kalo mau ngomongin pengambilan air tanah secara besar-besaran oleh gedung bertingkat yang mengakibatkan tanah di Jakarta mengalami penurunan. Hiii.... sereeeemmmzzz...


Ya udah sebaiknya sekarang kita semua berdoa supaya saya dan kita semua elemen masyarakat, baik masyarakat biasa, pemerintah dan para pengusaha cepet diberi hidayah untuk sadar dan mencintai lingkungan di sekitar kita terutama kota Jakarta yang sama-sama kita cintai ini. Mudah-mudahan dengan sadarnya kita bersama musibah yang seperti ini tidak akan menimpa kita lagi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar